Apa Itu Stratigrafi - Geograph88

Apa Itu Stratigrafi

Apa Itu Stratigrafi
Di materi olimpiade kebumian seringkali terdapat soal mengenai perlapisan batuan. Ilmu yang mempelajari susunan perlapisan tersebut dinamakan stratigrafi. 

Dalam arti luas, stratigrafi dapat diartikan sebagai ilmu yang membahas aturan, hubungan, dan kejadian (genesa) macam-macam batuan di alam dalam ruang dan waktu. 

Ilmu stratigrafi pertama kali muncul di Britania Raya abad ke 19 oleh William Smith. Pada saat itu diamati bahwa beberapa lapisan tanah muncul pada urutan yang sama (superposisi)

Setelah itu ditarik kesimpulan bahwa lapisan terbawah adalah lapisan yang paling tua dengan beberapa pengecualian. 

Intinya stratigrafi itu mempelajari tentang terbentuknya lapisan-lapisan, baik itu lapisan tanah, batuan, fosil dan lainnya. 

Stratigrafi Batuan

Dalam stratigrafi dikenal beberapa prinsip/hukum yang berlaku untuk menganalisa perlapisan suatu tanah/batuan yaitu:
1. Uniformitarianisme
Proses geologi/bentangalam yang terlihat saat ini digunakan untuk mempelajari proses geologi yang terjadi pada masa lampau (The present is the key to the past). Teori ini dikemukakan oleh James Hutton. Artinya proses geologi yang terjadi saat ini sama dengna proses yang terjadi pada masa lalu hanya intensitas dan waktunya saja yang relatif berbeda.
2. Superposisi
Lapisan paling bawah adalah lapisan paling tua dalam keadaan normal, dalam arti belum mengalami pembalikan relief. 
3. Original Horizontality
Material sedimen akan membentuk arah horizontal karena pengaruh gravitasi, setelah itu baru berubah menjadi lipatan atau miring karena pengaruh lain.
4. Cross Cutting
Lapisan sedimen batuan yang terpotong memiliki umur yang lebih tua dibandingkan lapisan yang memotong.
5. Faunal Succesion
Keberadaan fosil hewan dan tumbuhan akan berbeda pada tiap perbedaan umur geologi. Fosil pada lapisan paling bawah akan berbeda jenisnya dengan fosil pada lapisan bagian atas. Secara sederhana setiap zaman memiliki organisme khasnya masing-masing.
6. Lateral Continuity
Pengendapan lapisan sedimen akan menyebar secara mendatar hingga suatu saat menipis atau menghilang pada batas cekungan dimana ia diendapakan.
7. Hukum "V"
Pola penyebaran singkapan batuan dipengaruhi oleh faktor kemiringan lapisan batuan di sekitarnya.

Itulah sedikit pengenalan mengenai stratigrafi. Semoga bermanfaat.

Sumber dan Gambar:
HMG Unpad

close