Apa itu Region? - Geograph88

Apa itu Region?

Apa itu Region?
Geografi tidak lepas dari apa yang dikatakan dengan "ruang". Seperti apa sih batasan tentang ruang dalm geografi? Dalam geografi terdapat istilah region (wilayah). 

Menurut R. E Dickinson "A region is an art whose physical conditions are homogeneous" (Wilayah adalah suatu tempat yang memiliki struktur homogen).

Sedangkan menurut UU no 47 tahun 1997, wilayah didefiniskan sebagai ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait di dalamnya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan aspek fungsional. Baca juga: Pengaruh vulkanisme bagi kehidupan


Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa wilayah adalah bagian di permukaan bumi yang dibatasi oleh kenampakan tertentu yang khas. Misalnya, wilayah perkotaan beda dengan wilayah pedesaan, wilayah pantai beda dengan wilayah hutan, wilayah kutub beda dengan wilayah tropis.




Dalam geografi, wilayah dapat dibedakan berdasarkan unsur fisiknya seperti wilayah geologi, wilayah iklim, wilayah vegetasi dan lainnya.

Selain itu wilayah dapat dibedakan berdasarkan unsur sosial budaya seperti wilayah ekonomi, wilayah politik, wilayah sejarah dan lainnya. Baca juga: Cara menjawab soal pendekatan geografi di UN


Dalam arti lainnya Ruang dapat diartikan sebagai tempat kehidupan manusia (Biosphere) yang terbagi atas:

  • Tempat Kehidupan Alamiah, geosphere (permukaan kulit bumi hingga kedalaman kurang lebih 3 m dalam tanah dan kurang lebih 200 meter diatas laut), atmosphere (hingga sekitar 30 m di atas permukaan tanah)
  • Tempat Kehidupan yang dibatasi Teknologi manusia, batas ruang dimana teknologi manusia mampu menjangkau batas terbawah geosphere dan atmosphere
Itulah sedikit pengenalan mengenai definisi region. Untuk memahami lebih jauh mengenai konsep region, coba kalian tuliskan perbedaan wilayah tempat tinggalmu dengan daerah yang lainnya dari segi kondisi tanah, batas wilayahnya, jumlah penduduknya atau aspek lainnya yang menurut kamu bisa dibedakan. Selamat mencoba.



Sumber dan Gambar;
BSE Geografi kelas XII
close