Tipe-Tipe Kalimat Conditional Sentences - Geograph88

Tipe-Tipe Kalimat Conditional Sentences

Tipe-Tipe Kalimat Conditional Sentences
Pernahkan anda berandai-andai ketika sedang berbicara dengan teman atau rekan kerja,

Andai saya kaya saya akan membeli sebuah pulau, andai saya presiden saya akan bla-bla-bla. 

Dalam bahasan inggris kalimat tersebut termasuk ke dalam conditional sentences. Conditional sentences adalah kalimat pengandaian atau kalimat bersyarat yang terdiri dari 2 bagian yaitu

  • conditional clause, dan 
  • main clause


Contoh:
If I have a money, I will go to Brazil
(conditional clause) (main clause)

Conditional sentences terbagi ke dalam 3 jenis yaitu:
1. Conditional Tipe 1 (If + present simple, will + infinitive)= masih mungkin terjadi
Digunakan untuk menyatakan kondisi yang masih mungkin bisa akan terjadi.
  • If I don't study, I will  fail the final exam.
  • You will see the Borobudur temple, if you go to Magelang.
  • If she comes to my party, I will be very happy.
2. Conditional Tipe 2 (If + past tense, would + infinitive) = tidak mungkin terjadi
Digunakan untuk menyatakan kondisi yang tidak mungkin terjadi atau khayalan.
  • If I won a million dollars, I would stop working. (kenyataannya saya tidak punya uang satu juta dollar, sehingga saya tetap bekerja)
  • If I became a superman, i would attack an Alien. (kenyataannya saya hanya manusia biasa dan tidak dapat menyerang alien)
  • If I were a famous hef, i would cook better pizza.
3. Conditional Tipe 3 (If + past perfect, would have + past participle) = sudah pasti tidak akan terjadi masa lalu
Digunakan untuk menyatakan kejadiaan yang tidak pernah akan terjadi.
  • If I had found her address, i wolud have sent her an invitation. (kenyataannya kemarin saya tidak menemukan alamat rumahnya dan saya tidak mengirim undangan kepadanya)
  • If I had not studied,  I would not have passed my exam.(kenyataannya saya belajar dan saya lulus).
Ada beberapa ketentuan dalam conditional sentences ini yaitu:
1. Untuk Conditional Tipe 2, was digantikan were
  • If I were U......
2. Setelah if, dapat ditambah some-one, some-where, any-one atau any-where
  • If I have any spare time.....
  • If I have some spare time next day.....
3. If not dapat diganti unless
  • He will accept the job unless the salary is too low.
4. Ada tipe campuran jika hasil sekarang akibat peristiwa yang tidak terjadi di masa lalu
  • If you had warned me (waktu itu), I would not be in prison (sekarang).
5. Pada kondisi normal if clause tidak menggunakan will atau would, kecuali untuk menyatakan kesediaan
  • If you will come this way, the manager will see you. (= tolong datang sekarang)

Sumber dan gambar
close