Faktor-Faktor Perbedaan Penyebaran Intensitas Suhu Permukaan Bumi - Geograph88

Faktor-Faktor Perbedaan Penyebaran Intensitas Suhu Permukaan Bumi

Faktor-Faktor Perbedaan Penyebaran Intensitas Suhu Permukaan Bumi
Suhu atau temperatur merupakan salah satu unsur cuaca dan iklim di permukaan bumi. 

Suhu di permukaan bumi bervariasi di setiap wilayah dikarenakan beberapa faktor berikut:

1. Lama penyinaran
Setiap wilayah di permukaan bumi ini mendapatkan sinar matahari berbeda-beda tergantung letak astronomisnya. 

Wilayah ekuator/tropis mendapat sinar matahari lebih banyak dibanding wilayah subtropis atau kutub. 

Oleh sebab itu suhu di ekuator lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya dan sinar matahari relatif stabil sepanjang tahun.
2. Sudut datang matahari
Sinar matahari yang datang dengan arah tegak lurus dengan permukaan bumi akan mendapatkan panas yang lebih maksimum dibandingkan sinar matahari yang jatuh dengan sudut yang miring. 

Contohnya pada pagi hari atau sore sinar matahari membentuk sudut yang lebih kecil dibandingkan siang hari pada jam 12 siang sehingga suhu pada sore hari lebih rendah dibanding siang.

3. Topografi
Di troposfer berlaku ketentuan bahwa setiap kenaikan 100 meter maka suhu akan turun sekitar 0.5-0.6 derajat Celcius. Maka  semakin tinggi tempat suhu akan semakin rendah.

4. Bentuk dan Relief Muka Bumi
Daerah yang relatif datar dan permukaannya licin relatif akan memantulkan panas (contoh daerah rawa) dibandingkan daerah yang kasar dan gelap (contoh perbukitan) yang cendeurng menyerap panas sehingga suhu di daerah rawa akan relatif lebih panas dibandingkan di perbukitan. 

Sementara itu ditinjau dari sifatnya, daratan lebih cepat menyerap dan melepas panas dibandingkan perairan yang lambat menyerap dan melepas panas.

5. Awan
Daerah yang diatasnya diselimuti awan akan cendeurng lebih sejuk karena panas matahari akan disaring oleh awan yang merupakan kumpulan air sementara wilayah yang tidak ada awan di atasnya akan menerima panas yang lebih besar.

6. Vegetasi
Tumbuhan berfungsi menyerap panas sehingga daerah yang banyak ditumbuhi tumbuhan akan terasa lebih dingin karena sinar dan panas matahari akan terserap oleh daun dan kayu.

Sumber dan Gambar:
BSE Geografi
close