Mekanisme/Proses Angin Darat dan Angin Laut - Geograph88

Mekanisme/Proses Angin Darat dan Angin Laut

Mekanisme/Proses Angin Darat dan Angin Laut
Angin adalah udara yang berhembus dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum. 

Tekanan udara dapat terbentuk karena udara memiliki massa. Kali ini saya akan jelaskan tentang proses terbentuknya angin darat dan angin laut. 

Kalau di Sekolah Dasar mungkin kalian tahu hanya sebatas angin darat angin yang berhembus dar darat ke laut pada malam sedangkan angin laut adalah sebaiknya. 

Nah, sekarang kita lihat bagaimana sebenarnya mekanisme terjadinya angin darat dan angin laut tersebut?. Ada dua konsep yang harus kalian ketahui dulu tentang proses terbentuknya kedua angin tersebut yaitu:

Baca juga:

1. Sifat permukaan bumi
  • daratan lebih cepat menyerap dan melepas panas.
  • lautan/perairan lebih lambat menyerap dan melepas panas.
2. Hubungan antara suhu dan tekanan
  • suhu tinggi berarti tekanan minimum.
  • suhu rendah berarti tekanan maksimum.
1. Angin Laut
Angin laut terjadi pada siang hari diawali dari daratan yang lebih cepat menyerap panas pada siang hari dibandingkan lautan sehingga suhu di daratan lebih tinggi dibandingkan di lautan. 

Karena suhu di darat tinggi berarti tekanan udara di darat rendah sedangkan suhu di laut rendah berarti tekanan di laut tinggi. Nah, udara di atas daratan pada siang hari akan naik ke atas karena panas, sehingga di darat akan terjadi kekosongan udara pada saat itu. 

Lalu kekosongan udara di darat akan diisi oleh udara yang berasal dari laut, maka terjadilah  angin laut. Baca juga: Komposisi penduduk dan tujuannya

2. Angin Darat
Angin darat terjadi pada malam hari karena ketika itu daratan cepat melepas panas dibanding lautan sehingga suhu di darat lebih dingin dibanding lautan. 

Karena suhu di darat dingin maka suhu di atas lautan relatif masih hangat oleh sebab itu tekanan di atas daratan menjadi tinggi sedangkan di lautan rendah. 

Udara di atas lautan yang bersifat panas akan naik ke atas sehingga menimbulkan kekosongan udara. Kekosongan udara tersebut akan diisi oleh udara yang bergerak dari daratan tadi, maka terjadilah yang disebut angin darat. 

Nah itulah mekanisme angin darat dan angin laut, masih belum paham?silahkan baca berulang-ulang atau tanya guru kalian. Terima kasih. Baca juga: Contoh ulangan geografi bab hidrosfer
Angin Laut dan Angin Darat
Sumber dan Gambar: disini
close