Trik Belajar Simple Past Tense (Bagian 1)

Kali ini saya akan mencoba kembali memberikan sedikit tulisan mengenai cara menggunakan past tense dalam grammar,
ya itung-itung saya belajar juga sambil berbagi. Saya akan bagi ke dalam 2 postingan karena takut kepanjangan dan pembaca nanti bingung dan terlalu banyak tulisan, jadi step by step saja. Dalam bahasa Inggris, untuk menyatakan pekerjaan atau perbuatan yang sudah lampau harus menggunakan kata kerja dalam bentuk Past Tense.
Contoh:
      I stayed home last night = saya diam di rumah kemarin malam
      He walked to school yesterday = ia berjalan ke sekolah kemarin
Perhatikanlah kedua buiah kata kerja di atas: stayed dan walked. Kedua buah kata kerja ini disebut kata kerja bentuk past tense. Cara membuat kata kerja dalam bentuk past ialah dengan membubuhkan akhiran -ed atau -d di belakang kata kerja pada bentuk dasar (infinitive).
Kebanyakan kata kerja bahasan Inggris mengikuti suatu aturan yang tetap dan disebut regular verb, atau kata kerja beraturan. Sejumlah kara kerja lainnya disebut irregular verb atau kata kerja tak beraturan. Irregularr verb tidak mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku seperti regular verb.
Dalam pelajaran kali ini, kita akan mempelajarai cara membuat kata kerja past tense dari kata kerja yang termasuk dalam regular verb terlebih dahulu.
PERATURAN UMUM
Dalam mempelajarai bahasa inggris terutama tata  bahasanya, hendaklah selalu diingat bahwa ada peraturan umum yang berlaku namun juga sering ada pengecualiannya. Jadi kita tidak usah bingung jika menghadapi pengecualian-pengecualian tadi yang penting kita terus belajar dan berlatih agar ingat.
1. Kata kerja bentuk past tense pada umumnya dibentuk dengan hanya menambahkan akhiran -ed di belakang kata kerja bentuk dasarnya:
       walk + ed = walked
       rain + ed = rained
       snow + ed = snowed
2. Pada kata kerja yang bentuk dasarnya berakhir dengan huruf "e", cukup ditambahkan -d saja:
       type + d = typed
       like + d = liked
3. Pada kata kerja yang bentuk dasarnya berkahir dengan huruf "y" yang didahului oleh sebuah huruf konsonan maka sebelum ditambahkan akhiran -ed, huruf "y" harus diubah menjadi huruf "i" terlebih dahulu:
       copy + ed = copied
       study + ed = studied
4. beberapa kata kerja yang bentuk dasarnya berakhir dengan huruf konsonan, sebelum mendapat tambahan akhiran -ed huruf konsonan itu harus diulang dulu:
       stop + ed = stopped
       beg + ed = begged
Sekali lagi harus diingat bahwa apa yang telah dipelajari di atas adalah peraturan umum, dan tidak usah bingung bola ada aturan lain nantinya. Untuk lebih memperlancar pola penggunaan past tense, maka cobalah ucapkan dan hapalkan kalimat di bawah ini
1. He walked to work yesterday = ia berjalan ke tempat kerja kemarin
2. He worked for the Garuda Indonesia last years = ia bekerja untuk Garuda Indonesia tahun lalu
3. She looked in all the store windows= ia melihat-lihat semua etalase toko.
4. She talked to Deby on the telephone = ia berbicara dengan Deby di telepon.
5. It rained last night = kemarin malam hujan turun.
6. It snowed a lot last winter = musim dingin yang lalu banyak turun salju.
7. I typed those letters yesterday = saya mengetik surat-surat itu kemarin.
8. You stayed home over the weeked = kamu diam di rumah selama akhir pekan.
9. We looked for you last night = kami mencari amu malam kemarin.

Seikan dulu penjelasan mengenai past tense nanti dilanjut lagi. Pahami dulu materi dasar di atas dan jika masih belum paham terus ulangi dan praktikkan dengan ucapan. Nanti kita lanjut lagi ke pembahasan dan aturan past tense di postingan selanjutnya. Selamat belajar dan tetap semangat.


Sumber:
    

0 Response to "Trik Belajar Simple Past Tense (Bagian 1)"

Post a Comment