Klasifikasi Ilmu Pengetahuan August Comte - Geograph88

Klasifikasi Ilmu Pengetahuan August Comte

Klasifikasi Ilmu Pengetahuan August Comte
Ilmu pengetahuan sudah berkembang sejak manusia diturunkan ke Bumi dan hingga kini tak terhitung lagi berapa jumlah ilmu pengetahuan yang dapat digunakan manusia. 

Lalu bagaimana cara mengklasifikasikan ilmu pengetahuan?. Salah satu ahli filsafat yaitu Auguste Comte pernah menjelaskannya. 

Pada prinsipnya penggolongan ilmu pengetahuan yang dikemukakan Auguste Comte sejalan dengan sejarah ilmu pengetahuan itu sendiri yang menunjukkan bahwa gejala dalam ilmu pengetahuan yang paling umum akan tampil terlebih dahulu lalu disusul kemudian dengan gejala pengetahuan yang semakin lama semakin rumit atau kompleks. 

Dengan dasar itulaha dalam mengklasifikasi ilmu pengetahuan, Auguste Comte memulai dengan mengamati gejala-gejala yang paling sederhana yaitu gejala-gejala yang letaknya paling jauh dari suasana kehidupan sehati-hari.

1. Ilmu Pasti (Matematika)
Ilmu pasti merupakan dasar bagi semua ilmu pengetahuan karena sifatnya yang tetap, abstrak dan pasti. 

Dengan metode yang dipergunakan melaluiu ilmu pasti kita akan memperoleh pengetahuan tentang sesuatu yang sebenarnya yaitu hukum ilmu pengetahuan dalam tingkat kesederhanaan dan ketetapan yang tertinggi sebagai abstraksi yang dapat dilakukan akal manusia.

2. Ilmu Perbintangan (Astronomi)
Didasari rumus-rumus ilmu pasti, ilmu perbintangan dapat menyusun hukum yang bersangkutan dengan gejala benda langit. Ilmu perbintangan menerangkan bagaimana bentuk, ukuran, kedudukan serta gerak benda langit seperti bintang, bumi, bulan, matahari dan planet lain.

3. Ilmu Alam (Fisika)
Ilmu alam merupakan ilmu yang lebih tinggi dari ilmu perbintangan yang merupakan pengetahuan mengenai benda-benda langit. 

Gejala-gejala dalam ilmu alam lebih kompleks, yang tidak akan dapat dipahami tanpa terlebih dahulu memahami hukum-hukum astronomi.

Melalui pemahaman gejala-gejala fisika dan hukum fisika maka akan dapat diramalkan dengan tepat semua gejala yang ditunjukkan oleh suatu benda yang berada pada suatu tatanan atau keadaan tertentu.

4. Ilmu Kimia (Chemistry)
Gejala-gejala dalam ilmu kimia lebih kompleks daripad ailmu alam dan ilmu kimia memiliki kaitan dengan ilmu biologi bahkan juga sosiologi. 

Pendekatan yang digunakan dalam kimia ini tidak hanya melalui pengamatan (observasi) dan percobaan (eksperimen) melainkan juga dengan perbandingan (komparasi).

5. Ilmu Hayat (Biologi)
Biologi merupakan ilmu yang kompleks dan berhadapan dengan gejala kehidupan. Gejala dalam biologi mengalami perubahan yang cepat dan perkembangannya belum sampai pada tahap positif. 

Ini berbeda dengan ilmu sebelumnya seperti Matematika, Astronomi dan Fisika atua KImia yang telah berada pada level positif. 

6. Fisika Sosial (Sosiologi)
Fisika sosial atau sosiologi merupakan urutan tertinggi dalam penggolongan ilmu pengetahuan. Sosiologi sebagai ilmu berhadapan dengan gejala yang paling kompleks, konkret dan khusus yaitu berkaitan dengan kehidupan umat manusia di bumi.

Nah itulah klasifikasi ilmu menurut Auguste Comet, bagaimana?pusing bukan. Selamat berfikir.


close