Tata Geografi Fisik, Topologi dan Biotik - Geograph88

Tata Geografi Fisik, Topologi dan Biotik

Tata Geografi Fisik, Topologi dan Biotik
Hal paling utama dalam mempelajari geografi adalah "LOKASI". Lokasi bertalian dengan istilah daerah, wilayah, atau region. 

Untuk mengenali ciri-ciri suatu wilayah maka perlu dipelajari tata geografi yang meliputi unsur fisik, topologi dan biotik.
Tata Geografi Fisik, Topologi dan Biotik
Batas Jerman Barat dan Timur, pic:https://boonedocks.net/t
a. Unsur Fisik
Unsur fisik wilayah terdiri dari:
- Cuaca dan Iklim, merupakan faktor alamiah yang dapat memengaruhi jenis dan penyebaran berbagai fenomena seperti flora fauna, ras dan manusia, dan budaya hidup.

- Air, merupakan unsur penting pembentuk kehidupan. Air digunakan dalam berbagai kebutuhan manusia seperti irigasi, perikanan, pembangkit listrik dan lainnya.

- Relief dan Tanah, sangat berpengaruh terhadap pemusatan penduduk, jaringan jalan, ongkos angkut barang, pertanian dan perkebunan.

- Bahan Galian, ada atau tidaknya hasil tambang memengaruhi terhadap minta manusia untuk mendiami suatu wilayah.

b. Pengaruh Topologi
Unsur topologi terdiri dari aspek berikut:
- Pengaruh letak, untuk dapat mengetahui keadaan geografis suatu wilayah dengan baik maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi daerah itu di permukaan bumi. 

Setelah lokasi atau posisi daerah tersebut teridentifikasi maka langkah selanjutnya tinggal mempelajari aspek-aspek keruangan pembentuk wilayah tersebut hingga interaksinya dengan wilayah lain.

- Pengaruh luas dan bentuk, suatu wliayah contohnya negara tentunya akan memiliki luas dan bentuk fisik yang berlainan. Hal tersebut akan berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakatnya.

- Pengaruh batas, batas wilayah terbagi dua yaitu batas alamiah dan batas buatan. Perbatasan ini tentu sangat berdampak pada kepentingan politik negara dan pembangunan.

c. Pengaruh Biotik
Pengaruh unsur biotik terdiri atas hewan, tumbuhan dan manusia. Semua organisme tersebut saling berinteraksi membentuk struktur ruang masing-masing. 

Beruang kutub merupakan pembentuk ruang kutub utara, unta berasosiasi dengan gurun dan lainnya. 
close