Makanan Yang Baik Bagi Usus Baik Juga Bagi Otak - Geograph88

Makanan Yang Baik Bagi Usus Baik Juga Bagi Otak

Makanan Yang Baik Bagi Usus Baik Juga Bagi Otak
Menjaga kesehatan usus dan otak sangat penting jika ingin panjang umur dan awet muda. 

Beberapa waktu lalu di Jepang, mata ikan dan kepala ikan kaya akan kandungan DHA disoroti sebagai makanan yang baik bagi otak. 

Memang benar telah banyak dikemukakan oleh berbagai penelitian bahwa DHA yang banyak terkandung pada minyak ikan memberikan pegaruh bagi otak dan tubuh manusia. Namun bukan berarti makan ikan terus menerus juga baik untuk tubuh lho!.

Banyak orang Jepang kalau mendengar "makanan ini baik untuk kesehatan" lantas berusaha memakannya banyak dan satu jenis itu saja, dan ini adalah sebuah kesalahan besar. 

Cukup makan satu itu saja lalu tubuh menjadi sehat semua. Sayangnya tubuh manusia tidak seperti itu. 

Sebaik apapun suatu makanan jika dimakan terlalu banyak sampai keseimbangan terganggu maka hasilnya akan buruk juga bagi kesehatan. Ingat hadist Nabi bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik dan ini benar adanya.
Makanan Yang Baik Bagi Usus Baik Juga Bagi Otak
Makan ikan secukupnya saja ya, jangan berlebihan
Meskipun sama-sama makanan hewani, ikan jika dibandingkan dengan ayam, sapi dan lainnya memberikan beban jauh lebih sedikit pada organ pencernaan sehingga baik bila dimakan sebagai pengganti daging. 

Namun anjuran makan yang baik bagi manusia yaitu makanan hewani cukup 15% saja dari keseluruhan menu makanan. Jadi makan ikan banyak hingga melebihi batas tersebut sama sekali tidak dianjurkan.

Memilih makanan yang baik bagi tubuh memang penting namun lebih penting lagi menjaga keseimbangan keseluruhan makanan yang dikonsumsi. Saat ini selain minyak ikan banyak makanan yang dianggap bagi untuk otak. 

Contohnya jenis ikan kembung, sarden, selar, salmon dan lainnya berbagai baku kedelai seperti tahu, tempe dan tauco. Lalu sayuran berwarna terang dan macam rumput laut yang kaya vitamin dan mineral. Sementara untuk biji-bijian yaitu beras dan gandum.

Bagi orang Jepang, semuanya itu bukan makanan yang asing dan telah dikonsumsi sejak dahulu. Namun sesungguhnya makanan itulah yang disoroti orang luar negeri sebagai makanan yang baik untuk otak. 

Menu makanan Jepang menarik perhatian orang di seluruh dunia sebagai makanan sehat karena memungkinkan asupan bahan-baan makanan diatas secara seimbang.

Makanan semuanya masuk melalui mulut, diserap usus dan diantarkan ke seluruh tubuh. Semua nutrisi bagi otak juga disimpan oleh usus. Hal ini patut kita ingat ketika memikirkan makanan apa yang baik untuk otak?. 

Mengapa begitu? karena hal-hal yang buruk bagi usus tidak mungkin berpengaruh bagi otak. Hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa makanan yang baik bagi usus juga baik bagi otak. 

Sebaliknya makanan yang buruk bagi usus juga buruk bagi otak. Seluruh tubuh berkaitan satu sama lain dan harus kita pahami. 

Semua hal yang memberikan pengaruh buruk bagi raut usus seperti minuman beralkohol, rokok, makanan hewani berlebihan juga berdampak buruk bagi otak. 

Asupan air penting abagi aliran pencernaan yang baik pun sebenarnya merupakan hal yang sangat penting bag otak.

Sumber:
Mukjizat Enzim. Hiromi Shinya, disini
close