Penyebab Sakit dan Penuaan Berkaitan dengan Memburuknya Raut Usus - Geograph88

Penyebab Sakit dan Penuaan Berkaitan dengan Memburuknya Raut Usus

Penyebab Sakit dan Penuaan Berkaitan dengan Memburuknya Raut Usus
Akhir-akhir ini beragam metode anti penuaan (anti aging) merebak di pasaran. 

Tidak sedikit metode-metode itu yang sekedar memperbaiki bagian-bagian yang mengalami penuaan saja diantarnya yaitu menginjeksi bagian yang keriput dengan asam hialuronat, penyuntikan botox agar tidak mudah berkeriput dan lainnya. 

Tetapi sama hanya dengan pengobatan penyakit, jika mengabaikan penyebab dan menanggulangi akibatnya saja, itu bukanlah metode anti penuaan yang sejati.

Menurut Hiromi Shinya (Ahli usus terkenal dunia), menyingkirkan penuaan itulah yang merupakan metode anti penuaan sejati. Shinya berpikir faktor penyebab terbesar yang mendorong proses penuaan berlanjut adalah oksidasi. 

Jadi menurunya, oksidasi menyebabkan sel menjadi rusak dan kondisi tidak bisa diperbaharuinya sel rusak menjadi sel normal itulah yang disebut penuaan.
Penyebab Sakit dan Penuaan Berkaitan dengan Memburuknya Raut Usus
Buah dan sayuran segar menghambat penuaan

Saat zat oksidan masuk atau terbentuk di dalam tubuh, yang melindugi agar sel tidak rusak terkena dampaknya adalah macam-macam zat antioksidan, terutama enzim, seperti SOD. 

Oleh sebab itu, semakin banyak jumlah cadangan enzim di dalam tubuh maka tubuh menjadi semakin sukar teroksidasi, atau dengan kata lain tidak mudah mengalami penuaan.

Cara lain agar menjaga agar cadangan enzim di dalam tubuh tetap besar yaitu memelihara kebiasaan makan dan kebiasaan hidup yang menjaga raut usus tetap bagus. 

Jika raut usus menjadi buruk, enzim terkuras dalam jumlah besar guna menguraikan toksin yang terbentuk dalam usus, sehingga cadangan enzim dalam tubuh berkurang, dan kemampuan menangkal oksidasi itu sendiri menurun.

Usus merupakan lokasi bakteri baik dalam usus membuat enzim dalam jumlah besar dan merupakan tempat tinggal bagi banyak bakteri penyusun usus yang penting, dan membantu mempertahankan kesehatan usus kita. 

Bila lingkungan dalam usus memburuk bakteri penghuni usus ikut berubah dari keadaan baik menjadi jahat sehingga kekuatan enzim yang dihasilkan menurun drastis.

Selain itu ada lagi alasan memburuknya raut usus mempercepat penuaan yaitu menurunya sistem kekebalan tubuh. Usus merupakan organ kekebalan yang terbesar dalam tubuh manusia. 

Jika ada benda asing yang membahayakan masuk dalam tubuh, usus langsung menanganinya lebih cepat daripada orga dalam lain dan segera mengirimkan informasi pada sistem kekebalan. 

Jika benda asing itu ada dalam usus maka akan terjadi mencret untuk membuang toksin ke luar tubuh sementara jika ada di bagian lain, usus mengirimkan sel kekebalan untuk mengupayakan penyingkiran benda asing itu.

Sel darah putih melindungi tubuh dari benda asing yang menyusup dari luar seprti virus dll. Diantara sel darah putih ada sel NK atau sel kekebalan yang bahkan dapat membunuh sel kanker. Sekitar 60-7% dari sel NK dan limfosit ada di dalam usus. 

Artinya usus mengemban peran sebagai menara pengendali pada sistem kekebala yang merentangi seluruh tubuh. 

Anehnya usus merupakan organ dalam yang tidak berada dalam kendali otak. Mau tahu lanjutan tentang keajaiban usus ini?. Cek di Usus Tidak Diperintah Otak

Sumber: Hiromi Shinya. Mukjizat Enzim
Gambar: disini
close