Pengalaman Tes Kerja di Nurul Fikri Boarding School - Geograph88

Pengalaman Tes Kerja di Nurul Fikri Boarding School

Pengalaman Tes Kerja di Nurul Fikri Boarding School
Halo teman-teman sekalian apa kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasa produktif berkarya. 

Kali ini saya akan sedikit berbagai pengalaman saya saat tes kerja di Nurul Fikri Boarding School Lembang. 

NFBS adalah sekolah berbasis boarding yang sudah banyak cabangnya. Singkatnya saya dapat info beberapa bulan lalu kemudian iseng melamar dan ternyata lolos seleksi berkas dan terpanggil mengikuti tes di weekend kemarin. 

Untungnya tes dilakukan di weekend jadi itung-itung liburan saja. Begini kronologi kejadiannya.

Jumat sore selepas pulang kerja sekolah jam 4 saya dan isteri bersiap dari rumah di Bekasi untuk berangkat ke Lembang dengan menggunakan motor. Selepas sholat ashar kami berangkat biasa melalui jalur Cikarang sampai Purwakarta. 

Ternyata karena Sabtu tanggal merah maka jalanan macet hingga Purwakarta. Kami istirahat beberapa kali karena pegal luar binasa. Jam 7 malam kami baru nyampai Purwakarta dan selepas itu di Padalarang jalanan mulai lengang tapi hujan deras booo. 

Kami lalu pakai jas hujan dan jalan pelan-pelan. Jam 9 malam kami baru nyampai Padalarang dan belok melalui jalan Ciloa menuju Lembang. 

Jalanan lengang tapi dinginnya minta ampun. Singkat kata akhirnya jam 11 malam kami tiba di pusat Lembang lalu cari hotel dan dapat yang lumayan murah untuk nginap dua hari kedepan. Setelah check ini lalu kami istirahat karena cape.

Besoknya jam 5 kami bangun lalu mandi, sholat subuh dan bersiap menuju NFBS Lembang. Selepas sarapan kami berangkat menuju arah Maribaya. Jam 7 pagi kami sampai di kampus NFBS Lembang. 

Suasananya sejuk dan asri dengan view perbukitan dan pedesaan khas pegunungan. Saya lalu parkir motor di depan masjid dan daftar ulang ke panitia. Jam 7.30 acara tes penerimaan karyawan baru di NFBS Lembang dimulai dengan pembacaan Quran dan sambutan dari pihak sekolah. Jam 8.00 tes dimulai di ruangan aula yang disesaki oleh para pencari kerja. 

Tes ternyata dilakukan di aula jadi tidak di kelas yang ada kursinya, jarak antar peserta pun mepet-mepetan dan menurut saya kurang nyaman untuk menulis tapi tak apa-apa. Tes tulis dilakukan dair pukul 8 sampai 12 siang. Rinciannya sebagai berikut:

1. Tes pengetahuan agama (essay)
2. Tes akademik (sesuai bidang)
3. Tes psikometeri (kaya psikotes lah biasa gitu udah biasa)

Soal yang paling malas dikerjakan adalah psikotes karena banyak sekali. Jam 12 selesai tes lalu kami sholat dzuhur berjamaah dulu. Selepas dzuhur lalu agenda dilanjutkan dengan mikroteaching dan tes baca Quran. 

Mikro adalah tes paling krusial menurut saya dan saya dapat bagian pertama. Saya sudah menyiapkan bahan-bahan mikro sebelumnya jadi sudah biasa. Mikro dibatasi 15 menit saja, saya sudah memprediksinya jadi tenang-tenang saja karena sudah biasa dari dulu. 

Jadi semua peserta per bidang masuk kelas dan kita pura-pura ngajar semua peserta. Selepas mikro lalu langsung tes hapalan Quran.
Pengalaman Tes Kerja di Nurul Fikri Boarding School
Mampir Cikole Grafika dulu bro...
Selepas itu break lalu sholat ashar dan nunggu antrian wawancara seputar gaji. Antrinya lama banget sampai jam 10 malam baru selesai, buset dah. 

Saya kebagian terakhir dan nunggu sampai jam 10. Mata sudah merah, badan sudah gak karuan, akhirnya saya interview dan biasa ditanya gaji. Yang ini biar jadi rahasia aja ya.

Akhirnya jam 10.15, interview beres dan saya kembali lagi ke hotel lalu tidur deh. Hari minggu besoknya kami keliling-keliling Lembang dan Bandung sebelum balik ke Bekasi. Pengumuman hasil tesnya akan diinfokan seminggu kemudian katanya. Sekian terimakasih.
close