Bentuk-Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup

Peradaban manusia yang begitu cepat menyebabkan lingkungan menjadi cepat rusak seiring meningkatnya
aktivitas manusia. Namun selain itu ada juga faktor alami yang menyebabkan terjadi kerusakan lingkungan. Jadi berdasarkan faktor penyebabnya, kerusakan lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu:
1. Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa alam
Bencana alam merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. Namun kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh alam sejatinya untuk menjaga keseimbangan lingkungan itu sendiri. Beberapa peristiwa bencana alam yang berdampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:
  • Erupsi Gunung Api: Letusan gunung api terjadi akibat aktivitas magma di perut bumi yang meningkat dan menimbulkan tekanan kuat keluar bumi melalui celah kawah gunung api. Berbagai bahaya yang ditimbulkan gunung api diantaranya: hujan abu vulkanik, aliran lava, awan panas, gas beracun dan lahar dingin yang berupa material padat batu, kerikil dan pasir yang mengalir.
  • Gempa bumi: Gempa adalah getaran kulit bumi yang diakibatkan berbagai faktor seperti pergerakan lempeng, erupsi gunung api, bom atau bangunan roboh. Gempa bumi tidak dapat diprediksi manusia sehingga ketika terjadi sering banyak sekali korban jiwa. Berbagai dampak baik langsung maupun tidak langsung antara lain: Robohnya bangunan, jalan retak, tanah longsor, tsunami dan lainnya.
  • Angin topan:merupakan aliran angin kencang yang bergerak dari daerah bertekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. Angin topan banyak terjadi di daerah lintang tinggi seperti Amerika Serikat, Jepang dan Filipina. Serangan angin topan dapat menimbulkan berbagai kerusakan lingkungan seperti: menghancurkan rumah, rusaknya areal pertanian, menimbulkan ombak besar di laut lepas, mengganggu penerbangan.
Polusi Industri
2. Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Manusia
Manusia sebagai mahluk dominan di bumi berperan besar dalam perubahan struktur bumi. Kemajuan peradaban manusia seringkali membawa dampak buruk bagi lingkungan hidup diantaranya:
  • terjadinya pencemaran akibat kegiatan industri.
  • terjadinya banjir akibat buruknya drainase dan menyempitnya DAS.
  • longsor yang diakibatkan penebangan kayu di hulu gunung.
  • meningkatnya suhu wilayah akibat pembangunan gedung beton di kota.
  • polusi udara akibat kendaraan bermotor berbahan bakar fosil.
  • kerusakan lahan akibat akitivitas pertambangan tak bertanggung jawab.
  • kebocoran reaktor nuklir
  • kebakaran lahan gambut secara disengaja
Itulah beberapa kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan faktor alam dan manusia. Semoga kita senantiasa menjaga bumi ini agar tetap lestari dan nyaman untuk ditinggali.

Sumber dan gambar:
BSE Geografi XI
Modul SCBD. Lingkungan Hidup

0 Response to "Bentuk-Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup"

Post a Comment